Pengelolaan Proyek Sistem Informasi



Aplikasi Pengenalan Kapal Perang di Indonesia 
Menggunakan Android





 




Nama Kelompok :
Kelompok 8

          1. Azhari Adissy P                11113561
          2. Ajizul Hakim                    10113541
          3. Trivandi Sandra               19113000
          4. Claudy Nindy                   11113957
          5. M Rivaldi     



UNIVERSITAS GUNADARMA
2017/2018 





A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi yang sangat meningkat pada era mobile ini memudahkan manusia dalam melakukan kegiatannya dimana saja dan kapan saja, salah satu teknologi sistem operasi pada platform mobile yang berkembang saat ini adalah android. Dengan semakin populernya sistem operasi android pada jaman sekarang berakibat pada meningkatnya aplikasi-aplikasi berbasis android, seperti aplikasi pengenalan kapal perang.
Di Indonesia banyak terdapat kapal-kapal perang, namun banyak yang belum mengetahui jenis-jenis kapal dan sejarahnya diantaranya adalah kapal KRI Ahmad Yani, KRI Slamet Riyadi, KRI Yos Sudarso, dan lain lain. Para masyarakat Indonesia biasanya mendapat informasi dari mulut ke mulut atau dari website, majalah dan televisi.  
Pada kesempatan kali ini, penulis ingin merancang sebuah aplikasi yang dapat memberi informasi mengenai kapal-kapal perang yang menjaga kedaulatan serta keamanan aspek laut di Negara ini. Agar masyarakat dapat lebih mudah mengenal sejarah serta informasi tentang kapal-kapal perang Indonesia. Berdasarkan uraian tersebut maka pada penulisan ilmiah ini mengambil judul “Aplikasi Pengenalan Kapal Perang Di Indonesia Menggunakan Android”.

1. Batasan Masalah
Aplikasi ini hanya berisi 6 tipe kapal perang dan 23 unit kapal yang ada di Indonesia, kuis, tentang dan bantuan. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan software Eclipse Juno dengan menggunakan bahasa pemrograman java.

2. Tujuan Penulis
Tujuan penulisan ini untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai kapal-kapal perang di Indonesia dan sejarah kapal perang dengan mudah.

3. Kelebihan
Dengan aplikasi ini masyarakat dapat lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai kapal – kapal perang yang ada di Indonesia, serta dengan desain yang bagus sehingga lebih menarik
.
4. Kekurangan
Sebelumnya Aplikasi Pengenalan Kapal Perang di Indonesia Menggunakan Android ini belum memiliki fitur Help/bantuan. Kini ditambahkan fitur tersebut untuk membantu user ketika mengalami kesulitan.


B. Rancangan Penyempurnaan dari Kekurangan
 
1. Rancangan Halaman Menu Utama



A. Sebelum Dikembangkan 


Pada halaman ini akan dibuat:

Gambar Background  : Terdapat gambar background
Button Menu               : Berisi Halaman Sejarah, Info kapal dan Kuis
Button Tentang           : Berisi Halaman biodata dari penulis


B. Sesudah Dikembangkan
 
Pada halaman ini akan dibuat:
 


Gambar Background  : Terdapat gambar background
Button Menu               : Berisi Halaman Sejarah, Info kapal dan Kuis


Button Tentang           : Berisi Halaman biodata dari penulis


Button Bantuan           : Berisi halaman bantuan menggunakan aplikasi 



 C. Desain Penyempurnaan Dari Kekurangan
    
1. Desain Menu Utama  
A. Sebelum Disempurnakan
 


Keterangan : Pada halaman menu utama diatas hanya menampilkan button Menu yang akan menampilkan halaman selanjutnya yang berisi Sejarah, Info Kapal dan kuis. Setelah Button Menu ada juga button Tentang berisi mengenai biodata penulis

B. Sesudah Dikembangkan

 


Setelah disempurnakan dengan menambahkan Button Bantuan. Halaman Bantuan berfungsi agar membantu pengguna bila mengalami kesulitan saat menggunakan aplikasi.





Gambar diatas adalah tampilan Halaman Bantuan.
 
 

Komentar

Postingan Populer