Proposal Penulisan Ilmiah
1.
PENDAHULUAN
Nama : Azhari Adissy Putra
Npm : 11113561
Kelas : 3KA09
1.1
Latar
Belakang Masalah
Teknologi informasi dan komunikasi
begitu cepat berkembang setiap detiknya teknologi akan terus mengalami
perkembangan. Teknologi yang semakin pesat sekarang ini, pengguna telepon
seluler dapat lebih efesien dan praktis digunakan tidak terbatas sebagai alat
komunikasi saja. Bahkan tidak sedikit orang menggunakan untuk mencari
informasi, hiburan dan pengetahuan yang tidak didapat dikehidupan sehari–hari,
seperti informasi pengetahuan kebudayaan.
Pengetahuan kebudayaan sangat
penting untuk dipelajari oleh bangsa Indonesia maupun turis mancanegara. Tidak
jarang turis negara lain yang berkunjung ke Indonesia tidak tahu dengan
kebudayaan yang ada di Indonesia, dalam hal ini kebudayaan dari pulau jawa,
khususnya turis mancanegara yang ingin mengenal kebudayaan jawa. Pentingnya bangsa
Indonesia melestarikan kebudayaan itu sendiri, sehingga budaya yang ada di
pulau jawa tetap terjaga meskipun banyak budaya baru yang datang.
Seperti yang kita ketahui, selama
ini masyarakat dan turis mancanegara mengetahui kebudayaan jawa hanya dari buku
atau internet, oleh karena itu penulis ingin mengemas informasi tersebut kedalam
suatu aplikasi yang dapat digunakan di android. Android adalah sistem operasi pada smartphone yang memiliki fitur canggih.
Sebagain besar masyarakat telah memakainya karena dapat memudahkan penggunanya mencari informasi
dengan cepat.
Oleh sebab itu penulisan ini berjudul “Aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di
Indonesia Menggunakan Android”
1.2 Batasan Masalah
Batasan masalah yang diangkat pada
penulisan ilmiah ini adalah penggunaan Android untuk pembuatan layout aplikasi.
Aplikasi ini hanya berisi tentang 7 informasi kebudayaan Jawa, yaitu rumah
adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, gallery adat (video),
senjata daerah. Aplikasi ini di tunjukkan untuk masyarakat Indonesia yang ingin
mempelajari lebih jauh budaya Jawa, khususnya turis mancanegara yang ingin
mengenal kebudayaan Jawa.
1.3 Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan ini
adalah :
1. Untuk
memudahkan turis mancanegara untuk mengenal kebudayaan jawa.
2. Untuk
media informasi bagi turis mancanegara atau masyarakat Indonesia.
3. Untuk
melestarikan kebudayaan Jawa.
4. Untuk
memudahkan pengguna mencari informasi dengan cepat.
1.4 Metode
Penilitian
Penulis
menggunakan metode studi pustaka, yaitu mengumpulkan informasi mengenai kebudayaan
pulau jawa di indonesia yang diperoleh dari buku dan referensi internet berupa
link untuk dijadikan acuan dalam penulisan ini.
Di
dalam metode penelitian ini, penulis menggunakan perangkat keras dan perangkat
lunak untuk menjalankan aplikasi ini.
·
Spesifikasi Perangkat Keras yang
digunakan adalah :
-
Processor Intel® Core™ i3-380M @2.53GHz (4 CPUs) -2.5GHz
-
Monitor 14,0” HDD LED
-
Harddisk 500GB
-
Memory RAM 3072 MB
·
Spesifikasi Perangkat Lunak yang digunakan
adalah :
-
Windows 10 Pro 64 Bit
-
Android versi 5.0 ( Lollipop)
-
Eclipse Juno
-
Adobe PhotoShop CS6
1.5
Sistematika
Penulisan
11.
PENDAHULUAN
Bab ini menjelaskan latar belakang
masalah, batasan masalah, tujuan penulisan,metode penelitian, dan sistematika
penulisan.
22.
TINJAUAN
PUSTAKA
Bab ini berisi tentang hal-hal yang
bersangkutan dan teori-teori yang digunakan untuk merancang aplikasi yakni
struktur navigasi, dan mengenai bahasa pemrogramanyang digunakan yaitu Java serta
media pendukung, seperti Android, Eclipse Juno.
33.
PERANCANGAN
DAN IMPLEMENTASI
Bab ini menjelaskan tentang proses
perancangan dan pembuatan suatu aplikasi dengan Eclipse Juno.
44.
PENUTUP
Bab ini kesimpulan yang dapa tdiambil
dari hasil pembuatan aplikasi berbasis android. Selain kesimpulan dalam bab ini
berisi saran dari pembuatan dan pembahasan yang telah dilakukan.
Komentar
Posting Komentar