Ilmu Grafik Dan Pengolahan Citra

PENGERTIAN ILMU GRAFIK

             Grafik  Komputer (computer graphics) merupakan proses untuk menghasilkan gambar berdasarkan obyek yang kita liat dan juga latar yang terkandung pada gambar tersebut dan mengaplikasikannya ke komputer.  Bentuk dari garfik komputer ini berawal dari grafik komputer 2D yang merupakan proses awal dari grafik komputer yang kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3D.

             Grafik komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Adapun dari grafika komputer meliputi:

1.      Geometri    yang mempelajari segi dan fisik bentuk suatu objek atau bidang

2.      Animasi       yang  mempelajari  benda objek yang dapet bergerak

3.      Rendering    yang  mempelajari algoritma dan menampilkan efek cahaya pengaturan gelap, jerningnya gambar

4.      Citra (Imaging)  yang   mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.


PENGERTIAN PENGOLAHAN CITRA
       
  Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan proses memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer. Teknik pengolahan citra dilakukan dengan cara mangambil suatu objek seperti foto dari kamera , misalnya: foto model. Pengolahan citra merupakan proses awal (preprocessing) dari komputer visi. Dapat di lakukan dengan mudah karena adanya komputer, tidak perlu manual lagi dalam citra dapat dikenali dan diinterpreasi. Pengenalan pola adalah tahapan selanjutnya atau analisis dari pengolahan citra. Citra ada 2 macam:

Citra Kontinyu. Dihasilkan dari sistem optik yang menerima sinyal analog.
Contoh: mata manusia, kamera analog.

Citra Diskrit / Citra Digital dibentuk dari pixel-pixel yang tergabung dalam satu kesatuan yang    membentuk sebuah citra yang hanya dapat dibuka dengan komputerisasi.
                                                                                   
MANFAAT GRAFIK KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Banyak manfaatnya Grafik Komputer Dalam Kehidupan Sehari-hari :

1.      Bidang hiburan.  Seperti pada film Anime 2D sampai 3D , dengan komputer dapat  menghasilkan efek animasi yang baik

2.      Bidang perancangan. Dikenal adanya software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.

3.      Bidang pendidikan.  Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya.

Manfaat Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-hari :

1.      Bidang kesehatan, digunakan untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui ada atau tidaknya kelainan di tubuh.

2.      Bidang visual, bisa digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain-lain.

3.      Bidang hiburan, Gambar gambar kartun, yang dibuat bisa bergerak.

Dan dalam pengolahan citra juga banyak sekali manfaatnya seperti di atas tadi, sangat saling berhubungan dan saling terintegrasi dengan baik

Sumber :  http://erstantyas.blogspot.co.id/2013/09/perbedaan-antara-grafik-komputer-dan.html
http://sonyanovelisa.blogspot.co.id/2012/09/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html

Komentar

Postingan Populer