PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI
3.1 Pengenalan Aplikasi
Aplikasi Kebudayaan
Pulau Jawa di Indonesia ini
meliputi informasi mengenai beberapa Kebudayaannya yang berada di Jawa.
Aplikasi ini dibuat untuk membantu para wisatawan lokal dan mancanegara agar lebih mudah dan
efisien memperoleh informasi mengenai Kebudayaan
yang berada di Jawa.
Kebudayaan
Pulau Jawa di Indonesia beragam, dengan adanya ini di harapkan pengguna dapat mengetahui
berbagai macam kebudayaan yang ada di dalam Pulau Jawa.
Dalam aplikasi ini pelayanan terhadap informasi akan disajikan dalam bentuk
gambar dan tulisan.
3.2 Perancangan Struktur Navigasi Aplikasi
Struktur Navigasi Aplikasi digunakan
untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh aplikasi dan
menggambarkan bagaimana hubungan antara isi-isi tersebut dan apa keterkaitannya
satu sama lain. Struktur navigasi aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia ini adalah struktur
navigasi hierarki. Hierarki
merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data
berdasarkan kriteria tertentu dari suatu struktur.
Sebelum menyusun struktur navigasi aplikasi yang dilakukan adalah mengumpulkan
materi-materi yang ada dalam aplikasi. Melalui struktur navigasi aplikasi ini,
terlihat bagaimana isi dan susunan dari sebuah aplikasi secara menyeluruh.
Untuk aplikasi ini maka isi yang ada antara lain : Halaman awal, Menu pilihan (Menu, Biodata, Bantuan)
Pilihan Nama Provinsi, Informasi Budaya Daerah.
Berikut merupakan gambaran struktur navigasi dari aplikasi "Kebudayaan
Pulau Jawa di Indonesia Menggunakan Android"
Gambar
3.1 Rancangan Struktur Navigasi Hierarki
Gambar 3.1 merupakan gambaran struktur
navigasi dari aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia.
Halaman awal merupakan halaman utama saat aplikasi ini dijalankan. Dilanjutkan
dengan menu yang akan menampilkan pilihan Nama
Provinsi, Informasi Budaya. menu nama provinsi digunakan
untuk mengetahui provinsi mana
yang akan dipilih oleh pengguna
sesuai dengan yang diinginkan. Setelah memilih nama provinsi, pengguna dapat mengetahui informasi budaya yang ada di daerah tersebut. Biodata
berisi mengenai informasi dari aplikasi ini kemudian tujuan dari pembuatan
aplikasi ini serta identitas dari pembuat aplikasi. Bantuan berisi tentang tata cara penggunaan aplikasi
kebudayaan pulau jawa di indonesia.
3.3 Perancangan
Antarmuka Aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia
Perancangan
tampilan merupakan bagian kedua dari tahap pembuatan aplikasi ini. Pada
perancangan tampilan ini merupakan suatu gambaran singkat atau rancangan umum
tampilan yang dilengkapi dengan beberapa penjelasan dalam bentuk gambar.
Perancangan ini sangat penting dikarenakan dengan membuat sebuah perancangan
tampilan, pembuat aplikasi tidak akan mengalami kesulitan untuk membuat desain interface
dari suatu aplikasi. Pada
tahap
perancangan interface kemudian dibuat pada proses pengkodean.
3.3.1 Perancangan Tampilan Halaman Menu Utama
Perancangan
menu utama merupakan halaman utama dari aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di
Indonesia. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman menu utama yang dapat
dilihat pada gambar 3.2
Gambar
|
Button 3
|
Button 1
|
Button 2
|
Gambar
3.2 Tampilan Halaman
Menu Utama
Gambar
3.2 merupakan rancangan tampilan
halaman menu utama yang terdiri dari sebuah background dan 3 buah button
yang terdiri dari button1 Menu, button2 Biodata, button3 Bantuan. Button
menu akan mengantarkan
pengguna untuk memilih nama provinsi. button about berisi mengenai informasi dari aplikasi
ini kemudian tujuan dari pembuatan aplikasi ini serta identitas dari pembuat
aplikasi. button bantuan
menjelaskan mengenai tata cara penggunaan aplikasi kebudayaan pulau jawa di Indonesia.
3.3.2 Perancangan Tampilan Halaman Nama Provinsi
Halaman
menu akan tampil pada saat pengguna
memilih button pada halaman menu utama.
Halaman ini merupakan sebuah halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi
mengenai nama provinisi
yang ada pada aplikasi ini. Pada halaman Nama
Provinsi ini terdapat background, 6 buah button yang
terdiri dari button Banten, DKI
Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.
Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman yang dapat dilihat pada gambar
3.3
Gambar
|
Button 1
|
Button 2
|
Button 3
|
Button 4
|
Button 5
|
Button 6
|
Gambar
3.3 Tampilan
Halaman Nama Provinsi
Gambar
3.3 merupakan rancangan tampilan yang terdiri dari background yang
berfungsi sebagai gambar latar yang memperindah tampilan aplikasi. Pada
rancangan ini juga terdapat sebuah button
yang akan digunakan untuk memilih nama provinsi. Terdapat 6 buah
button yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari setiap nama provinsi
yang telah dipilih oleh pengguna.
3.3.3 Perancangan
Tampilan Halaman Informasi Budaya
Halaman
informasi budaya akan
tampil pada saat pengguna memilih daftar
nama provinsi pada button. Halaman ini merupakan
sebuah halaman yang digunakan untuk menampilkan segala informasi mengenai informasi budaya yang ada di Banten,
DKI Jakarata, DIY Yoogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Pada
halaman tampilan informasi
budaya ini terdapat 7 buah button
yang terdiri dari button
rumah adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, senjata daerah,
gallery adat. Berikut
ini adalah rancangan tampilan halaman informasi budaya yang dapat dilihat pada
gambar 3.4
Gambar
|
Button 3
|
Button 2
|
Button 4
|
Button 5
|
Button 6
|
Button 1
|
Button 7
|
Gambar
3.4
Tampilan Halaman Informasi Budaya
Gambar
3.4 merupakan rancangan tampilan menu
informasi budaya yang telah dipilih pada halaman menu nama provinsi. Terdapat 7 button pada
halaman informasi budaya yang
berfungsi untuk menampilkan informasi
dari setiap provinsi yang telah dipilih oleh pengguna.
3.3.4 Perancangan
Tampilan Halaman Rumah Adat, Pakaian Adat, Makanan Khas, Alat Musik, Tarian Adat, Senjata Daerah, Gallery Adat
Gambar
Textview1
Imageview1
Textview2
Textview3
Textview4
Textview5
|
Gambar 3.5
Tampilan Halaman Rumah Adat,
Pakaian Adat,
Makanan
Khas, Alat Musik Tarian Adat, Senjata Daerah, Gallery Adat
Gambar 3.5 merupakan rancangan halaman
yang berisi informasi budaya rumah
adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, senjata daerah,
gallery adat.
3.3.5 Perancangan Tampilan Halaman Biodata
Halaman
biodata akan tampil ketika pengguna memilih
button biodata
pada menu utama. Perancangan halaman tentang digunakan untuk menampilkan
informasi tujuan pembuatan aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia.
Pada halaman ini hanya terdapat gambar sebagai latar belakang halaman, dan 7 buah
textview yaitu textview1 berisi nama halaman, textview2
berisi tujuan pembuatan aplikasi, textview3 berisi informasi biodata, textview4 berisi nama pembuat, textview5 berisi email pembuat, dan textview6 berisi versi aplikasi, textview7 berisi nama pembimbing. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman biodata yang dapat dilihat
pada gambar 3.6
Textview1
Textview2
Textview3
Textview4
Textview5
Textview6
Textview7
Gambar
|
Gambar
3.6
Tampilan Halaman Biodata
Gambar
3.6 merupakan rancangan halaman tentang yang berisi tujuan pembuatan aplikasi
serta biodata penulis.
3.3.6 Perancangan Tampilan Halaman Bantuan
Halaman
bantuan akan tampil ketika pengguna memilih
button bantuan
pada menu utama. Perancangan halaman tentang digunakan untuk menampilkan
informasi cara penggunaan aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia.
Pada halaman ini hanya terdapat gambar sebagai latar belakang halaman, dan 4 buah
textview.
Berikut ini adalah rancangan
tampilan halaman bantuan
yang dapat dilihat pada gambar 3.7
Textview1
Textview2
Textview3
Textview4
Gambar
|
Gambar
3.7
Tampilan Halaman Bantuan
Gambar
3.7 merupakan rancangan halaman tentang yang berisi tata cara penggunaan
aplikasi kebudayaan pulau jawa di indonesia.
3.4
Implementasi
Program
Pada
bagian ini, penulis akan membahas bagaimana cara pembuatan aplikasi Java
Android, bagaimana melakukan kompilasinya dan bagaimana cara menjalankannya
dalam sebuah emulator yang telah disediakan di dalam Android SDK Manager.
3.4.1 Membuat Project Android
Baru
Sebelum
membuat aplikasi Android, terlebih dahulu dilakukan instalasi beberapa software
yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi ini. Software yang
digunakan adalah JDK 1.8.0_77 dan JRE 1.8.0_77, Android SDK Manager,
Eclipse Juno, serta plugin android untuk Eclipse, yaitu ADT-21.1.01. Setelah semua software
tersebut ter-install dengan benar, maka untuk membuat project android
baru berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1.
Dari eclipse, pilih
File > New > Android Application Project
2.
Field-field berikut
diisi dengan nilai sebagai berikut :
· Application
name : Kebudyaan Pulau Jawa
· Project
name : KebudayaanPulauJawa
· Package
name : com.kebudayaanpulaujawa
Gambar 3.8
Membuat Project Android Baru
Berikut
ini adalah penjelasan dari masing-masing field
diatas :
1.
Application
name
Ini
adalah judul aplikasi, nama yang muncul pada perangkat android.
2.
Project
name
ini
adalah nama proyek eclipse: nama direktori yang akan berisi berkas-berkas
proyek
3.
Package
name
Ini
adalah namespace paket (mengikuti aturan yang sama untuk paket dalam bahasa
pemrograman Java) dimana semua source code diletakkan. Nama ini
juga menjadi nama paket dimana stub activity akan dihasilkan. Nama paket harus
unik terhadap semua paket yang terinstal pada sistem Android. Oleh karena itu
penting untuk menggunakan gaya penulisan yang sesuai standar aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia.
Contoh ini menggunakan "com.kebudayaanpulaujawa".
3.4.2
Penulisan Source Code
Penulisan
source code pada pembuatan aplikasi dengan Java Android dapat dilakukan
dengan berbagai editor teks. Pada penulisan ini, penulis menggunakan
Eclipse Juno sebagai teks editornya. Untuk membuat aplikasi ini, penulis
menggunakan script java
sebagai pembuatan fungsi halaman, dan xml sebagai pembuat
tampilan halaman pada aplikasi ini. Script ini tersimpan dalam file.java dan .xml. Pada pembuatan aplikasi ini terdiri dari penulisan source
code beberapa class, dimana class yang telah di buat disimpan kedalam folder
scr, untuk xml disimpan
kedalam folder res > layout, untuk gambar yang digunakan dalam
aplikasi ini disimpan ke dalam folder res > drawable Berikut ini merupakan pembuatan file.xml
dan file.java dalam aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia.
3.4.3
Tampilan Halaman
Menu Utama
Gambar 3.9 Tampilan
Menu Utama
Gambar 3.9 adalah tampilan menu utama. Tampilan
menu utama adalah perpaduan dari layout activity_menu_utama.xml dan listing program yang ada pada MenuUtama.java. Layout activity_menu_utama.xml dapat
dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.MenuUtama);
Pada
menu utama ini pengguna dapat memilih salah satu dari 3 pilihan yang terdiri
dari menu, biodata, bantuan Setiap pilihan yang dipilih, maka activity akan berjalan sesuai dengan
pilihan yang dipilih. listing program
untuk menjalankan activity adalah
sebagai berikut :
case R.id.button1:
Intent button1 = new Intent(this, MenuProvinsi.class);
startActivity(button1);
ButtonClick1.start();
break;
case R.id.button2:
Intent button2 = new Intent(this, MenuAbout.class);
startActivity(button2);
ButtonClick2.start();
break;
case R.id.button3:
Intent button3 = new Intent(this, MenuHelp.class);
startActivity(button3);
ButtonClick3.start();
break;
Misalnya pengguna memilih tombol menu,
pada listing program di atas, yang
berfungsi untuk pindah ke halaman selanjutnya adalah intent dengan nama variabel MenuUtama.java. Intent ini juga berkaitan dengan case R.id.button1 dimana tombol menu diberi id button1, sehingga pada saat pengguna memilih tombol menu, maka yang
akan berjalan adalah activity yang
terdapat di dalam case tersebut. Activity yang terjadi adalah pemanggilan
class baru untuk ditampilkan. Untuk tombol menu, class baru yang akan ditampilkan adalah menuprovinsi.class. Setiap case
yang dibuat untuk masing-masing tombol memiliki fungsi yang sama dengan tombol
menu dan di setiap akhir activity
ditambahkan break yang berfungsi
untuk mengakhiri case.
Untuk backgroundnya diletakkan pada activity_menu_utama.xml karena
semua yang berkaitan dengan tampilan yang dipanggil adalah xmlnya secara
keseluruhan. listing program untuk background adalah sebagai berikut :
android:background="@drawable/menuutama”>
Gambar background diambil dari direktori drawable yang terdapat dalam project
dengan nama MenuUtama.java. Pada
tampilan xml juga terdapat pengaturan
tampilan tombol-tombol yang digunakan dan pendeklarasian variabel dari
tombol-tombol pada xml tersebut. Di
bawah ini adalah listing program
untuk pengaturan tampilan dan pendeklarasian variabel tombol menu yang terdapat
pada activity_menu_utama.xml :
<Button
android:id="@+id/button1"
android:layout_width="85dp"
android:layout_height="85dp"
android:layout_alignParentBottom="true"
android:layout_centerHorizontal="true"
android:layout_marginBottom="201dp"
android:background="@drawable/btn_menu" />
Listing
program tombol menu di atas
menjelaskan bahwa tombol tersebut menggunakan android:id="@+id/button1", width="85dp", height="85dp", nama
variabel untuk tombol ini adalah button1, pada tombol tidak terdapat teks karena
menggunakan background di button1 menu dengan nama "@drawable/btn_menu".
Pendefinisian tombol di atas harus diawali dengan tag <button> dan diakhiri dengan tag </button>.
3.4.4
Tampilan Halaman Menu Provinsi
Gambar 3.10 Tampilan Menu Provinsi
Gambar 3.10 adalah tampilan menu provinsi yang
menggunakan MenuProvinsi.java. Layout activity_menu_provinsi.xml dapat
dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.MenuProvinsi);
Pada
tampilan ini terdapat 6 provinsi, yaitu Provinsi Banten untuk masuk ke daftar pilihan
Informasi Budaya Banten,
Provinsi DKI Jakarta untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya DKI Jakarta, Provinsi DIY
Yogyakarta untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya DIY Yogyakarta,
Provinsi Jawa Barat untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya Jawa Barat,
Provinsi Jawa Tengah untuk masuk ke daftar
pilihan Infornasi Budaya Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur untuk masuk ke daftar
pilihan Informasi Budaya Jawa Timur. Semua kategori yang dipilih
pengguna akan masuk ke activity baru
sesuai dengan nama kategori dan case.
Listing program pada MenuProvinsi.java untuk masuk ke activity barunya adalah sebagai berikut
:
case
R.id.button1:
Intent
button1 = new Intent(this, ProvinsiBanten.class);
startActivity(button1);
ButtonClick1.start();
break;
case
R.id.button2:
Intent
button2 = new Intent(this, ProvinsiJakarta.class);
startActivity(button2);
ButtonClick2.start();
break;
case
R.id.button3:
Intent
button3 = new Intent(this, ProvinsiYogyakarta.class);
startActivity(button3);
ButtonClick3.start();
break;
case
R.id.button4:
Intent
button4 = new Intent(this, ProvinsiJabar.class);
startActivity(button4);
ButtonClick4.start();
break;
case
R.id.button5:
Intent
button5 = new Intent(this, ProvinsiJateng.class);
startActivity(button5);
ButtonClick5.start();
break;
case
R.id.button6:
Intent
button6 = new Intent(this, ProvinsiJatim.class);
startActivity(button6);
ButtonClick6.start();
break;
3.4.5
Tampilan
Halaman Informasi Budaya
Gambar 3.11 Tampilan
Provinsi Banten
Gambar 3.11 adalah tampilan provinsi banten dari kategory menu provinsi. Di sini
terdapat 7 buah button, tampilannya
hanya berupa button yang mewakili isi dari kategori provinsi banten. Layout activity_provinsi_banten.xml dapat
dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.ProvinsiBanten);
Jika
salah satu button dipilih, maka akan
memanggil activity baru sesuai dengan
button yang dipilih. Berikut adalah
listing program dari ProvinsiBanten.java
:
case
R.id.button1:
Intent
button1 = new Intent(this, InfoRumahAdatBanten.class);
startActivity(button1);
ButtonClick1.start();
break;
case
R.id.button2:
Intent
button2 = new Intent(this, InfoPakaianAdatBanten.class);
startActivity(button2);
ButtonClick2.start();
break;
case
R.id.button3:
Intent
button3 = new Intent(this, InfoMakananKhasBanten.class);
startActivity(button3);
ButtonClick3.start();
break;
case
R.id.button4:
Intent
button4 = new Intent(this, InfoAlatMusikBanten.class);
startActivity(button4);
ButtonClick4.start();
break;
case
R.id.button5:
Intent
button5 = new Intent(this, InfoTarianAdatBanten.class);
startActivity(button5);
ButtonClick5.start();
break;
case
R.id.button6:
Intent
button6 = new Intent(this, InfoSenjataDaerahBanten.class);
startActivity(button6);
ButtonClick6.start();
break;
case
R.id.button7:
Intent
button7 = new Intent(this, GalleryBanten.class);
startActivity(button7);
ButtonClick7.start();
break;
Penjelasan
listing program pada halaman ini adalah mendefinisikan sebuah intent dengan nama Info Rumah Adat
Banten pada case , intent tersebut adalah intent
baru yang akan memanggil InfoRumahAdatBanten.class lalu jika pengguna memilih case tersebut, sebuah activity baru dimulai, yaitu intent yang tadi didefinisikan, dan break yang berfungsi untuk menutup
setiap case. Id dari setiap button
yang dipilih user dilambangkan dengan id pada button yang ada pada activity_provinsi_banten.xml. kategori menggunakan activity_provinsi_banten.xml sebagai
layout. Fungsi yang sama juga berlaku untuk layout dan java kategori provinsi dki jakarta, provinsi diy yogyakarta, provinsi jawa
barat, provinsi jawa tengah, dan provinsi jawa
timur.
3.4.6 Tampilan
Informasi Budaya Rumah
Adat
Gambar 3.12 Tampilan Informasi
Budaya Rumah Adat
Gambar 3.12 adalah tampilan dari salah satu
dari kategori informasi budaya banten yaitu
rumah adat. Layout activity_info_rumah_adat_banten.xml
dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoRumahAdatBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi rumah
adat banten, dan gambar rumah adat serta terdapat keterangan mengenai rumah
adat tersebut. Listing programnya adalah
sebagai berikut :
<ScrollView
android:id="@+id/scrollView1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:layout_weight="5"
>
<LinearLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:orientation="vertical"
>
<TextView
android:id="@+id/textView1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/scrollView1"
android:text="Rumah
Adat (Baduy)"
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold"
/>
<ImageView
android:id="@+id/imageView1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_gravity="center"
android:layout_marginTop="25sp"
android:src="@drawable/rbanten1"
/>
<TextView
android:id="@+id/textView2"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginTop="15sp"
android:text="Keterangan
Rumah :"
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold"
/>
<TextView
android:id="@+id/textView3"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginTop="15sp"
android:text=" Rumah Baduy berbentuk rumah panggung yang
berbahan kayu. Setiap rumah mempunyai bentuk yang sama, di bagian muka terdapat
balai-balai."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
/>
Listing program Informasi Rumah Adat Banten di atas menjelaskan
bahwa ScrollView
digunakan
untuk melihat antar muka yang tidak tampak di layar device smartphone dikarenakan terbatasnya dimensi layar pada
smartphone, ImageView menjelaskan gambar yang akan tampak dengan id android:id=@+id/imageview1, lebarnya dan tinggi di sesuaikan otomatis dengan layar, TextView digunakan untuk menampilkan
text yang berfungsi untuk menjelaskan keterangan di informasi rumah adat
banten, dengan android:textsize="15sp", dan android:textstyle="bold"
untuk menebalkan text yang akan di isi. Fungsi yang sama berlaku untuk semua kata yang ada pada setiap
kategori
selanjutnya pada informasi budaya.
3.4.7 Tampilan
Informasi Budaya Pakaian
Adat
Gambar 3.13 Tampilan Informasi
Budaya Pakaian Adat
Gambar 3.13 adalah tampilan dari salah satu
dari kategori informasi budaya banten yaitu
pakaian adat banten. Layout activity_info_pakaian_adat_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoPakaianAdatBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi pakaian
adat banten, dan gambar pakaian adat serta terdapat keterangan mengenai pakaian
adat tersebut.
3.4.8 Tampilan
Informasi Budaya Makanan
Khas
Gambar 3.14 Tampilan Informasi
Budaya Makanan Khas
Gambar 3.14 adalah tampilan dari salah satu
dari kategori informasi budaya yaitu
makanan khas banten. Layout activity_info_makanan_khas_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoMakananKhasBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi makanan
khas banten, dan gambar makanan khas serta terdapat keterangan mengenai makanan
khas tersebut.
3.4.9 Tampilan
Informasi Budaya Alat Musik
Gambar 3.15 Tampilan Informasi
Budaya Alat Musik
Gambar 3.15 adalah tampilan dari salah satu
dari kategori informasi budaya banten yaitu
alat musik banten. Layout activity_info_alat_musik_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoAlatMusikBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi alat
musik banten, dan gambar alat musik serta terdapat keterangan mengenai alat musik tersebut.
3.4.10 Tampilan
Informasi Budaya Tarian Adat
Gambar 3.16 Tampilan Informasi
Budaya Tarian Adat
Gambar 3.16 adalah
tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu tarian adat banten. Layout activity_info_tarian_adat_banten.xml.
dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoTarianAdatBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi tarian adat banten, dan gambar tarian adat serta terdapat keterangan
mengenai tarian adat
tersebut.
3.4.11 Tampilan
Informasi Budaya Senjata Daerah
Gambar 3.17 Tampilan Informasi
Budaya Senjata Daerah
Gambar 3.17 adalah
tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya yaitu senjata daerah banten. Layout activity_info_senjata_daerah_banten.xml.
dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoSenjataDaerahBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi senjata daerah banten, dan gambar senjata daerah serta terdapat keterangan
mengenai senjata daerah
tersebut.
3.4.12 Tampilan
Informasi Budaya Gallery Adat
Gambar 3.18 Tampilan Informasi
Budaya Gallery Adat
Gambar 3.18 adalah
tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu gallery banten. Layout
activity_gallery _banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.GalleryBanten);
Tampilannya
terdiri dari Informasi tarian adat banten
dalam bentuk video serta terdapat keterangan mengenai tarian adat tersebut. Listing programnya adalah sebagai berikut :
<ScrollView
android:id="@+id/scrollView1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:layout_weight="5"
>
<LinearLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:orientation="vertical"
>
<TextView
android:id="@+id/textView1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Tarian
Adat (Tari Walijamaliha)"
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold"
/>
<VideoView
android:id="@+id/videoView1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="180sp"
android:layout_gravity="center"
android:layout_marginTop="15sp"
/>
<TextView
android:id="@+id/textView2"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/videoView1"
android:layout_below="@+id/videoView1"
android:layout_marginTop="15sp"
android:text="Keterangan
:"
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold"
/>
<TextView
android:id="@+id/textView3"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/textView2"
android:layout_below="@+id/textView2"
android:layout_marginTop="10sp"
android:text=" Tari Walijamaliha adalah visualisasi
perkenalan daerah Banten Yang sarat daya tarik, memiliki potensi alam
berlimpah, bersejarah turunan kesultanan besar, serta memiliki derajat ketaatan
agama yang tidak diragukan. Visualisasi Keragaman Budaya terdiri dari budaya
Sunda, Jawa Serang, Etnis Cina, Arab dan India hidup berdampingan sebagai bukti
kebersamaan dan kekompakan warganya dalam mambangun Banten."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
android:textSize="15sp"
/>
<TextView
android:id="@+id/textView4"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/textView3"
android:layout_below="@+id/textView3"
android:layout_marginTop="10sp"
android:text=" Tari Walijamaliha sebagai tarian selamat
datang dengan 6 adegan pokok adalah filosofis dari rukun iman terinspirasi dari
bait-bait shalawat dalam kitab Barzanji.
Tarian Walijamaliha ini digagas oleh
Ibu Hj. Ratu Atut Chosiyah, SE pada saat menjabat sebagai Gubernur
Banten dan Ibu Hj. Egi Djanuiswati M.Sc selaku Kadisbudpar Provinsi Banten, dan
direalisasikan oleh seniman-seniman Banten yang telah ditunjuk."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
android:textSize="15sp"
/>
<TextView
android:id="@+id/textView5"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/textView4"
android:layout_below="@+id/textView4"
android:layout_marginTop="10sp"
android:text=" Kata Walijamaliha sendiri berasal dari
Bahasa Arab yang bermakna daerah yang memiliki kecantikan atau daya tarik.
Adapun tarian ini dibawakan oleh penari wanita dengan gerak yang ceria serta
mengenakan kostum religi, hal ini mencerminkan karakter masyarakat Banten yang
terbuka, riang, ramah, hangat dan enerjik dalam suasana yang agamis."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
android:textSize="15sp"
/>
3.4.13 Tampilan Halaman Biodata
Gambar 3.19 Tampilan Biodata
Gambar 3.19 adalah tampilan tentang yang memuat
informasi seputar aplikasi yang terdiri dari logo aplikasi, nama aplikasi,
tujuan pembuatan aplikasi, dan tentang pembuat aplikasi. Untuk memanggil layout activity_menu_about.xml dapat dilakukan dengan cara:
setContentView(R.layout.MenuAbout);
Pada
halaman ini hanya dilakukan pemanggilan untuk activity_menu_about.xml pada MenuAbout.java.
3.4.14 Tampilan Halaman Bantuan
Gambar 3.20 Tampilan
Bantuan
Gambar 3.20 adalah tampilan untuk bantuan
tentang cara menggunakan aplikasi dan penjelasan fungsi tombol-tombol yang ada
pada aplikasi ini. Untuk memanggil layout activity_menu_help.xml dapat dilakukan dengan cara:
setContentView(R.layout.MenuHelp);
Isi dari
layout ini hanya terdiri dari textview1, textview2, textview3, textview4.
3.4.15 Tampilan Halaman Dialog keluar
Gambar 3.21 Tampilan Dialog Keluar
Gambar
3.21 adalah tampilan dari dialog yang ada pada class MenuUtama.java, dialog ini aktif ketika pengguna menekan
tombol keluar, jika pengguna memilih ya, maka pengguna akan keluar menuju
tampilan home dari device, karena listing program dibawah ini :
AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder(this);
builder.setMessage("Apakah Anda Yakin Ingin Keluar ?")
.setCancelable(false)
.setNegativeButton("Ya", new DialogInterface.OnClickListener()
{
public void onClick(DialogInterface dialog, int id) {
MenuUtama.this.finish();}})
.setPositiveButton("Tidak",
new DialogInterface.OnClickListener() {
public void onClick(DialogInterface dialog, int id) {
dialog.cancel();}
}).show();}
AlertDialog akan
muncul secara otomatis saat pengguna menekan tombol keluar. AlertDialog adalah kotak kecil
bertuliskan "Apakah Anda Yakin Ingin keluar ?" dan
disertai 2 pilihan yang bertuliskan Ya
dan Tidak. Jika memilih tidak,
pengguna akan tetap berada di tampilan utama.
3.5 Instalasi Aplikasi
Setelah
aplikasi berjalan baik pada emulator, langkah selanjutnya adalah menguji coba
aplikasi pada telepon seluler dengan sistem operasi android. Untuk
menginstallnya diperlukan file dengan ekstensi *.apk. File *.apk ini terdapat
di dalam direktori workspace Eclips. Workspace adalah tempat untuk menyimpan project android. Nama project yang
dibuat penulis adalah Kebudayaan Pulau Jawa
di Indonesia Menggunakan Android, Kebudayaan Pulau Jawa.apk
terdapat di dalam direktori bin.
Gambar 3.22 Lokasi *.apk
Untuk melakukan instalasi pada telepon seluler,
langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
1.
Copy
file Kebudayaan
Pulau Jawa.apk ke telepon seluler melalui media
penghubung seperti card reader, Bluetooth, atau kabel data.
2.
Eksekusi file Kebudayaan Pulau Jawa.apk
pada telepon seluler dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
Aplikasi ini dapat diinstal di semua telepon
seluler atau gadget lain namun hanya jika sistem operasi yang digunakan minimal
Android versi 4.1 (Jelly Bean) dan ukuran layar atau resolusi gambarnya 5.00-in
(720 x 1280 pixels). Jika instalasi dilakukan pada telepon seluler dengan
ukuran layar atau resolusi gambarnya selain 5.00-in atau di bawahnya, maka
tampilan aplikasi akan menjadi tidak pass.
3.6 Uji Coba Aplikasi
Setelah di lakukan uji coba
dengan menginstal file *.apk pada telepon seluler atau handphone.
Tabel 3.1 Uji Coba
No
|
Merek
|
Operasi System
|
Resolusi
|
Ram
|
Keterangan
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
1
|
Asus - Zenfone
(A500CG)
|
4.1 (Jelly Bean), Up To 5.0 (Lollipop)
|
5.00-in
dengan resolusi 720 x 1280 px
|
2 GB
|
Berjalan dengan baik
|
Aplikasi sesuai dengan
ukuran dan layarnya
|
-
|
2
|
Samsung - Galaxy
Grand I9082
|
4.1 (Jelly Bean), Up To 5.0 (Lollipop)
|
5.0-in dengan resolusi 400 x 800 px
|
1 GB
|
Berjalan dengan baik
|
Layar lebih terlihat
Smooth
|
Button icon pada menu sebagian tidak teratur karena ukuran
resolusi pada handphone kecil
|
3
|
Xiomi Readmi Note 2 -
Prime
|
5.0 (Lollippop)
Up To 6.0 (Marsmallow)
|
5.5-in dengan resolusi 1080 x 1920 px
|
2 GB
|
Berjalan dengan baik
|
Layar terlihat Smooth
|
-
|
Komentar
Posting Komentar