PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI


 
3.1       Pengenalan Aplikasi
            Aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia ini meliputi informasi mengenai beberapa Kebudayaannya yang berada di Jawa. Aplikasi ini dibuat untuk membantu para wisatawan lokal dan mancanegara agar lebih mudah dan efisien memperoleh informasi mengenai Kebudayaan yang berada di Jawa.
            Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia beragam, dengan adanya ini di harapkan pengguna dapat mengetahui berbagai macam kebudayaan yang ada di dalam Pulau Jawa. Dalam aplikasi ini pelayanan terhadap informasi akan disajikan dalam bentuk gambar dan tulisan.

3.2       Perancangan Struktur Navigasi Aplikasi
            Struktur Navigasi Aplikasi digunakan untuk menggambarkan secara garis besar isi dari seluruh aplikasi dan menggambarkan bagaimana hubungan antara isi-isi tersebut dan apa keterkaitannya satu sama lain. Struktur navigasi aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia ini adalah struktur navigasi hierarki. Hierarki merupakan suatu struktur yang mengandalkan percabangan untuk menampilkan data berdasarkan kriteria tertentu dari suatu struktur. Sebelum menyusun struktur navigasi aplikasi yang dilakukan adalah mengumpulkan materi-materi yang ada dalam aplikasi. Melalui struktur navigasi aplikasi ini, terlihat bagaimana isi dan susunan dari sebuah aplikasi secara menyeluruh. Untuk aplikasi ini maka isi yang ada antara lain : Halaman awal, Menu pilihan (Menu, Biodata, Bantuan) Pilihan Nama Provinsi, Informasi Budaya Daerah. Berikut merupakan gambaran struktur navigasi dari aplikasi "Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia Menggunakan Android"
Gambar 3.1 Rancangan Struktur Navigasi Hierarki
Gambar 3.1 merupakan gambaran struktur navigasi dari aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia. Halaman awal merupakan halaman utama saat aplikasi ini dijalankan. Dilanjutkan dengan menu yang akan menampilkan pilihan Nama Provinsi, Informasi Budaya. menu nama provinsi digunakan untuk mengetahui provinsi mana yang akan dipilih oleh pengguna sesuai dengan yang diinginkan. Setelah memilih nama provinsi, pengguna dapat mengetahui informasi budaya yang ada di daerah tersebut. Biodata berisi mengenai informasi dari aplikasi ini kemudian tujuan dari pembuatan aplikasi ini serta identitas dari pembuat aplikasi. Bantuan berisi tentang tata cara penggunaan aplikasi kebudayaan pulau jawa di indonesia.



            3.3       Perancangan Antarmuka Aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia
Perancangan tampilan merupakan bagian kedua dari tahap pembuatan aplikasi ini. Pada perancangan tampilan ini merupakan suatu gambaran singkat atau rancangan umum tampilan yang dilengkapi dengan beberapa penjelasan dalam bentuk gambar. Perancangan ini sangat penting dikarenakan dengan membuat sebuah perancangan tampilan, pembuat aplikasi tidak akan mengalami kesulitan untuk membuat desain interface dari suatu aplikasi. Pada tahap perancangan interface kemudian dibuat pada proses pengkodean.

3.3.1    Perancangan Tampilan Halaman Menu Utama
Perancangan menu utama merupakan halaman utama dari aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman menu utama yang dapat dilihat pada gambar 3.2
Gambar
Button 3
Button 1
Button 2
 











Gambar 3.2 Tampilan Halaman Menu Utama
               Gambar 3.2 merupakan rancangan tampilan halaman menu utama yang terdiri dari sebuah background dan 3 buah button yang terdiri dari button1 Menu, button2 Biodata, button3 Bantuan. Button menu akan mengantarkan pengguna untuk memilih nama provinsi. button about berisi mengenai informasi dari aplikasi ini kemudian tujuan dari pembuatan aplikasi ini serta identitas dari pembuat aplikasi. button bantuan menjelaskan mengenai tata cara penggunaan aplikasi kebudayaan pulau jawa di Indonesia.

3.3.2    Perancangan Tampilan Halaman Nama Provinsi
Halaman menu akan tampil pada saat pengguna memilih button pada halaman menu utama. Halaman ini merupakan sebuah halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi mengenai nama provinisi yang ada pada aplikasi ini. Pada halaman Nama Provinsi ini terdapat background, 6 buah button yang terdiri dari button Banten, DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman yang dapat dilihat pada gambar 3.3
Gambar
Button 1
Button 2
Button 3
Button 4
Button 5
Button 6
 











Gambar 3.3 Tampilan Halaman Nama Provinsi
Gambar 3.3 merupakan rancangan tampilan yang terdiri dari background yang berfungsi sebagai gambar latar yang memperindah tampilan aplikasi. Pada rancangan ini juga terdapat sebuah button yang akan digunakan untuk memilih nama provinsi. Terdapat 6 buah button yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari setiap nama provinsi yang telah dipilih oleh pengguna.

3.3.3    Perancangan Tampilan Halaman Informasi Budaya
Halaman informasi budaya akan tampil pada saat pengguna memilih daftar nama provinsi pada button. Halaman ini merupakan sebuah halaman yang digunakan untuk menampilkan segala informasi mengenai informasi budaya yang ada di Banten, DKI Jakarata, DIY Yoogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur. Pada halaman tampilan informasi budaya ini terdapat 7 buah button yang terdiri dari button rumah adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, senjata daerah, gallery adat. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman informasi budaya yang dapat dilihat pada gambar 3.4
Gambar


Button 3
Button 2
Button 4
Button 5
Button 6
Button 1
Button 7
 











Gambar 3.4 Tampilan Halaman Informasi Budaya
Gambar 3.4 merupakan rancangan tampilan menu informasi budaya yang telah dipilih pada halaman menu nama provinsi. Terdapat 7 button pada halaman informasi budaya yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari setiap provinsi yang telah dipilih oleh pengguna.

3.3.4    Perancangan Tampilan Halaman Rumah Adat, Pakaian Adat, Makanan Khas, Alat Musik, Tarian Adat, Senjata  Daerah, Gallery       Adat
Gambar
Textview1
Imageview1

Textview2
Textview3
Textview4
Textview5


Halaman rumah adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, senjata daerah, gallery adat akan tampil ketika pengguna memilih button pada informasi budaya. Halaman ini merupakan sebuah halaman yang digunakan untuk menampilkan segala informasi budaya rumah adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, senjata daerah, gallery adat akan tampil ketika pengguna memilih button  pada informasi budaya . Pada halaman ini hanya terdapat gambar sebagai latar belakang halaman dan 5 buah textview dan 1 buah imageview sebagai informasi budaya yang dapat dilihat pada gambar 3.5










    Gambar 3.5 Tampilan Halaman Rumah Adat, Pakaian Adat, Makanan                        Khas,  Alat Musik Tarian Adat, Senjata  Daerah, Gallery Adat
            Gambar 3.5 merupakan rancangan halaman yang berisi informasi budaya rumah adat, pakaian adat, makanan khas, alat musik, tarian adat, senjata daerah, gallery adat.

3.3.5    Perancangan Tampilan Halaman Biodata
Halaman biodata akan tampil ketika pengguna memilih button biodata pada menu utama. Perancangan halaman tentang digunakan untuk menampilkan informasi tujuan pembuatan aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia. Pada halaman ini hanya terdapat gambar sebagai latar belakang halaman, dan 7 buah textview yaitu textview1 berisi nama halaman, textview2 berisi tujuan pembuatan aplikasi, textview3 berisi informasi biodata, textview4 berisi nama pembuat, textview5 berisi email pembuat, dan textview6  berisi versi aplikasi, textview7 berisi nama pembimbing. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman biodata yang dapat dilihat pada gambar 3.6
Textview1
       Textview2

Textview3
       Textview4
       Textview5
       Textview6
       Textview7
Gambar
 











Gambar 3.6 Tampilan Halaman Biodata
Gambar 3.6 merupakan rancangan halaman tentang yang berisi tujuan pembuatan aplikasi serta biodata penulis.

3.3.6    Perancangan Tampilan Halaman Bantuan
Halaman bantuan akan tampil ketika pengguna memilih button bantuan pada menu utama. Perancangan halaman tentang digunakan untuk menampilkan informasi cara penggunaan aplikasi  Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia. Pada halaman ini hanya terdapat gambar sebagai latar belakang halaman, dan 4 buah textview. Berikut ini adalah rancangan tampilan halaman bantuan yang dapat dilihat pada gambar 3.7
Textview1
       Textview2
Textview3
       Textview4




Gambar
 











Gambar 3.7 Tampilan Halaman Bantuan
Gambar 3.7 merupakan rancangan halaman tentang yang berisi tata cara penggunaan aplikasi kebudayaan pulau jawa di indonesia.


3.4              Implementasi Program
Pada bagian ini, penulis akan membahas bagaimana cara pembuatan aplikasi Java Android, bagaimana melakukan kompilasinya dan bagaimana cara menjalankannya dalam sebuah emulator yang telah disediakan di dalam Android SDK Manager.

3.4.1    Membuat Project Android Baru
Sebelum membuat aplikasi Android, terlebih dahulu dilakukan instalasi beberapa software yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi ini. Software yang digunakan adalah JDK 1.8.0_77 dan JRE 1.8.0_77, Android SDK Manager, Eclipse Juno, serta plugin android untuk Eclipse, yaitu ADT-21.1.01. Setelah semua software tersebut ter-install dengan benar, maka untuk membuat project android baru berikut ini adalah langkah-langkahnya:
1.         Dari eclipse, pilih File > New > Android Application Project
2.         Field-field berikut diisi dengan nilai sebagai berikut :
·   Application name         : Kebudyaan Pulau Jawa
·   Project name               : KebudayaanPulauJawa
·   Package name             : com.kebudayaanpulaujawa








Gambar 3.8  Membuat Project Android Baru
Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing field diatas :
1.      Application name
Ini adalah judul aplikasi, nama yang muncul pada perangkat android.
2.      Project name
ini adalah nama proyek eclipse: nama direktori yang akan berisi berkas-berkas proyek
3.      Package name
Ini adalah namespace paket (mengikuti aturan yang sama untuk paket dalam bahasa pemrograman Java) dimana semua source code diletakkan. Nama ini juga menjadi nama paket dimana stub activity akan dihasilkan. Nama paket harus unik terhadap semua paket yang terinstal pada sistem Android. Oleh karena itu penting untuk menggunakan gaya penulisan yang sesuai standar aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia. Contoh ini menggunakan "com.kebudayaanpulaujawa".

3.4.2    Penulisan Source Code
Penulisan source code pada pembuatan aplikasi dengan Java Android dapat dilakukan dengan berbagai editor teks. Pada penulisan ini, penulis menggunakan Eclipse Juno sebagai teks editornya. Untuk membuat aplikasi ini, penulis menggunakan script java sebagai pembuatan fungsi halaman, dan xml sebagai pembuat tampilan halaman pada aplikasi ini. Script ini tersimpan dalam file.java dan .xml. Pada pembuatan aplikasi ini terdiri dari penulisan source code beberapa class, dimana class yang telah di buat disimpan kedalam folder scr, untuk xml disimpan kedalam folder res > layout, untuk gambar yang digunakan dalam aplikasi ini disimpan ke dalam folder res > drawable Berikut ini merupakan pembuatan file.xml dan file.java dalam aplikasi Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia.




3.4.3          Tampilan Halaman Menu Utama

Gambar 3.9 Tampilan Menu Utama
Gambar 3.9 adalah tampilan menu utama. Tampilan menu utama adalah perpaduan dari layout activity_menu_utama.xml dan listing program yang ada pada MenuUtama.java. Layout activity_menu_utama.xml dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.MenuUtama);
Pada menu utama ini pengguna dapat memilih salah satu dari 3 pilihan yang terdiri dari menu, biodata, bantuan Setiap pilihan yang dipilih, maka activity akan berjalan sesuai dengan pilihan yang dipilih. listing program untuk menjalankan activity adalah sebagai berikut :
case R.id.button1:
Intent button1 = new Intent(this, MenuProvinsi.class);
startActivity(button1);
ButtonClick1.start();
break;

case R.id.button2:
Intent button2 = new Intent(this, MenuAbout.class);
startActivity(button2);
ButtonClick2.start();
break;

case R.id.button3:
Intent button3 = new Intent(this, MenuHelp.class);
startActivity(button3);
ButtonClick3.start();
break;

            Misalnya pengguna memilih tombol menu, pada listing program di atas, yang berfungsi untuk pindah ke halaman selanjutnya adalah intent dengan nama variabel MenuUtama.java. Intent ini juga berkaitan dengan case R.id.button1 dimana tombol menu diberi id button1, sehingga pada saat pengguna memilih tombol menu, maka yang akan berjalan adalah activity yang terdapat di dalam case tersebut. Activity yang terjadi adalah pemanggilan class baru untuk ditampilkan. Untuk tombol menu, class baru yang akan ditampilkan adalah menuprovinsi.class. Setiap case yang dibuat untuk masing-masing tombol memiliki fungsi yang sama dengan tombol menu dan di setiap akhir activity ditambahkan break yang berfungsi untuk mengakhiri case. 
            Untuk backgroundnya diletakkan pada activity_menu_utama.xml karena semua yang berkaitan dengan tampilan yang dipanggil adalah xmlnya secara keseluruhan. listing program untuk background adalah sebagai berikut :
android:background="@drawable/menuutama”>
Gambar background diambil dari direktori drawable yang terdapat dalam project dengan nama MenuUtama.java. Pada tampilan xml juga terdapat pengaturan tampilan tombol-tombol yang digunakan dan pendeklarasian variabel dari tombol-tombol pada xml tersebut. Di bawah ini adalah listing program untuk pengaturan tampilan dan pendeklarasian variabel tombol menu yang terdapat pada activity_menu_utama.xml :
<Button
        android:id="@+id/button1"
        android:layout_width="85dp"
        android:layout_height="85dp"
        android:layout_alignParentBottom="true"
        android:layout_centerHorizontal="true"
        android:layout_marginBottom="201dp"
        android:background="@drawable/btn_menu" />

Listing program tombol menu di atas menjelaskan bahwa tombol tersebut menggunakan android:id="@+id/button1", width="85dp", height="85dp", nama variabel untuk tombol ini adalah button1, pada tombol tidak terdapat teks karena menggunakan background di button1 menu dengan nama "@drawable/btn_menu". Pendefinisian tombol di atas harus diawali dengan tag <button> dan diakhiri dengan tag </button>.









3.4.4          Tampilan Halaman Menu Provinsi

Gambar 3.10 Tampilan Menu Provinsi
Gambar 3.10 adalah tampilan menu provinsi yang menggunakan MenuProvinsi.java. Layout activity_menu_provinsi.xml dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.MenuProvinsi);
Pada tampilan ini terdapat 6 provinsi, yaitu Provinsi Banten untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya Banten, Provinsi DKI Jakarta untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya DKI Jakarta, Provinsi DIY Yogyakarta untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya DIY Yogyakarta, Provinsi Jawa Barat untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah untuk masuk ke daftar pilihan Infornasi Budaya Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur untuk masuk ke daftar pilihan Informasi Budaya Jawa Timur. Semua kategori yang dipilih pengguna akan masuk ke activity baru sesuai dengan nama kategori dan case. Listing program pada MenuProvinsi.java untuk masuk ke activity barunya adalah sebagai berikut :
case R.id.button1:
Intent button1 = new Intent(this, ProvinsiBanten.class);
startActivity(button1);
ButtonClick1.start();
break;

case R.id.button2:
Intent button2 = new Intent(this, ProvinsiJakarta.class);
startActivity(button2);
ButtonClick2.start();
break;

case R.id.button3:
Intent button3 = new Intent(this, ProvinsiYogyakarta.class);
startActivity(button3);
ButtonClick3.start();
break;

case R.id.button4:
Intent button4 = new Intent(this, ProvinsiJabar.class);
startActivity(button4);
ButtonClick4.start();
break;

case R.id.button5:
Intent button5 = new Intent(this, ProvinsiJateng.class);
startActivity(button5);
ButtonClick5.start();
break;

case R.id.button6:
Intent button6 = new Intent(this, ProvinsiJatim.class);
startActivity(button6);
ButtonClick6.start();
break;

3.4.5   Tampilan Halaman Informasi Budaya

Gambar 3.11 Tampilan Provinsi Banten
Gambar 3.11 adalah tampilan provinsi banten dari kategory menu provinsi. Di sini terdapat 7 buah button, tampilannya hanya berupa button yang mewakili isi dari kategori provinsi banten. Layout activity_provinsi_banten.xml dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.ProvinsiBanten);
Jika salah satu button dipilih, maka akan memanggil activity baru sesuai dengan button yang dipilih. Berikut adalah listing program dari ProvinsiBanten.java :
case R.id.button1:
Intent button1 = new Intent(this, InfoRumahAdatBanten.class);
startActivity(button1);
ButtonClick1.start();
break;

case R.id.button2:
Intent button2 = new Intent(this, InfoPakaianAdatBanten.class);
startActivity(button2);
ButtonClick2.start();
break;

case R.id.button3:
Intent button3 = new Intent(this, InfoMakananKhasBanten.class);
startActivity(button3);
ButtonClick3.start();
break;

case R.id.button4:
Intent button4 = new Intent(this, InfoAlatMusikBanten.class);
startActivity(button4);
ButtonClick4.start();
break;

case R.id.button5:
Intent button5 = new Intent(this, InfoTarianAdatBanten.class);
startActivity(button5);
ButtonClick5.start();
break;

case R.id.button6:
Intent button6 = new Intent(this, InfoSenjataDaerahBanten.class);
startActivity(button6);
ButtonClick6.start();
break;
                                               
case R.id.button7:
Intent button7 = new Intent(this, GalleryBanten.class);
startActivity(button7);
ButtonClick7.start();
break;

Penjelasan listing program pada halaman ini adalah mendefinisikan sebuah intent dengan nama Info Rumah Adat Banten pada case , intent tersebut adalah intent baru yang akan memanggil InfoRumahAdatBanten.class lalu jika pengguna memilih case tersebut, sebuah activity baru dimulai, yaitu intent yang tadi didefinisikan, dan break yang berfungsi untuk menutup setiap case. Id dari setiap button yang dipilih user dilambangkan dengan id pada button yang ada pada activity_provinsi_banten.xml. kategori menggunakan activity_provinsi_banten.xml sebagai layout. Fungsi yang sama juga berlaku untuk layout dan java kategori provinsi dki jakarta, provinsi diy yogyakarta, provinsi jawa barat, provinsi jawa tengah, dan provinsi jawa timur.




3.4.6   Tampilan Informasi Budaya Rumah Adat


Gambar 3.12 Tampilan Informasi Budaya Rumah Adat
Gambar 3.12 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu rumah adat. Layout activity_info_rumah_adat_banten.xml dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoRumahAdatBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi rumah adat banten, dan gambar rumah adat serta terdapat keterangan mengenai rumah adat tersebut. Listing programnya adalah sebagai berikut :
<ScrollView
android:id="@+id/scrollView1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:layout_weight="5" >

<LinearLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:orientation="vertical" >

<TextView
android:id="@+id/textView1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/scrollView1"
android:text="Rumah Adat (Baduy)"                android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold" />

<ImageView
android:id="@+id/imageView1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_gravity="center"
android:layout_marginTop="25sp"
android:src="@drawable/rbanten1" />

<TextView
android:id="@+id/textView2"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginTop="15sp"
android:text="Keterangan Rumah :"              android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold" />

<TextView
android:id="@+id/textView3"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_marginTop="15sp"
android:text="     Rumah Baduy berbentuk rumah panggung yang berbahan kayu. Setiap rumah mempunyai bentuk yang sama, di bagian muka terdapat balai-balai."               android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp" />

Listing program Informasi Rumah Adat Banten di atas menjelaskan bahwa ScrollView digunakan untuk melihat antar muka yang tidak tampak di layar device smartphone dikarenakan terbatasnya dimensi layar pada smartphone, ImageView menjelaskan gambar yang akan tampak dengan id android:id=@+id/imageview1, lebarnya dan tinggi di sesuaikan otomatis dengan layar, TextView digunakan untuk menampilkan text yang berfungsi untuk menjelaskan keterangan di informasi rumah adat banten, dengan android:textsize="15sp", dan android:textstyle="bold" untuk menebalkan text yang akan di isi. Fungsi yang sama berlaku untuk semua kata yang ada pada setiap kategori selanjutnya pada informasi budaya.




3.4.7   Tampilan Informasi Budaya Pakaian Adat

Gambar 3.13 Tampilan Informasi Budaya Pakaian Adat
Gambar 3.13 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu pakaian adat banten. Layout activity_info_pakaian_adat_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoPakaianAdatBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi pakaian adat banten, dan gambar pakaian adat serta terdapat keterangan mengenai pakaian adat tersebut.







3.4.8   Tampilan Informasi Budaya Makanan Khas

Gambar 3.14 Tampilan Informasi Budaya Makanan Khas
Gambar 3.14 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya yaitu makanan khas banten. Layout activity_info_makanan_khas_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoMakananKhasBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi makanan khas banten, dan gambar makanan khas serta terdapat keterangan mengenai makanan khas tersebut.





3.4.9   Tampilan Informasi Budaya Alat Musik

Gambar 3.15 Tampilan Informasi Budaya Alat Musik
Gambar 3.15 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu alat musik banten. Layout activity_info_alat_musik_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoAlatMusikBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi alat musik banten, dan gambar alat musik serta terdapat keterangan mengenai alat musik tersebut.






3.4.10   Tampilan Informasi Budaya Tarian Adat

Gambar 3.16 Tampilan Informasi Budaya Tarian Adat
Gambar 3.16 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu tarian adat banten. Layout activity_info_tarian_adat_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoTarianAdatBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi tarian adat banten, dan gambar tarian adat serta terdapat keterangan mengenai tarian adat tersebut.






3.4.11   Tampilan Informasi Budaya Senjata Daerah

Gambar 3.17 Tampilan Informasi Budaya Senjata Daerah
Gambar 3.17 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya yaitu senjata daerah banten. Layout activity_info_senjata_daerah_banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.InfoSenjataDaerahBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi senjata daerah banten, dan gambar senjata daerah serta terdapat keterangan mengenai senjata daerah tersebut.






3.4.12   Tampilan Informasi Budaya Gallery Adat

Gambar 3.18 Tampilan Informasi Budaya Gallery Adat
Gambar 3.18 adalah tampilan dari salah satu dari kategori informasi budaya banten yaitu gallery  banten. Layout activity_gallery _banten.xml. dapat dipanggil dengan cara :
setContentView(R.layout.GalleryBanten);
Tampilannya terdiri dari Informasi tarian adat banten dalam bentuk video serta terdapat keterangan mengenai tarian adat tersebut. Listing programnya adalah sebagai berikut :
<ScrollView
android:id="@+id/scrollView1"
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:layout_weight="5" >

<LinearLayout
android:layout_width="match_parent"
android:layout_height="match_parent"
android:orientation="vertical" >


<TextView
android:id="@+id/textView1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:text="Tarian Adat (Tari Walijamaliha)"
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold" />

<VideoView
android:id="@+id/videoView1"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="180sp"
android:layout_gravity="center"
android:layout_marginTop="15sp" />

<TextView
android:id="@+id/textView2"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/videoView1"
android:layout_below="@+id/videoView1"
android:layout_marginTop="15sp"
android:text="Keterangan :"
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceLarge"
android:textSize="15sp"
android:textStyle="bold" />

<TextView
android:id="@+id/textView3"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/textView2"
android:layout_below="@+id/textView2"
android:layout_marginTop="10sp"
android:text="     Tari Walijamaliha adalah visualisasi perkenalan daerah Banten Yang sarat daya tarik, memiliki potensi alam berlimpah, bersejarah turunan kesultanan besar, serta memiliki derajat ketaatan agama yang tidak diragukan. Visualisasi Keragaman Budaya terdiri dari budaya Sunda, Jawa Serang, Etnis Cina, Arab dan India hidup berdampingan sebagai bukti kebersamaan dan kekompakan warganya dalam mambangun Banten."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
android:textSize="15sp" />

<TextView android:id="@+id/textView4"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/textView3"
android:layout_below="@+id/textView3"
android:layout_marginTop="10sp"
android:text="     Tari Walijamaliha sebagai tarian selamat datang dengan 6 adegan pokok adalah filosofis dari rukun iman terinspirasi dari bait-bait shalawat dalam kitab Barzanji.  Tarian Walijamaliha ini digagas oleh  Ibu Hj. Ratu Atut Chosiyah, SE pada saat menjabat sebagai Gubernur Banten dan Ibu Hj. Egi Djanuiswati M.Sc selaku Kadisbudpar Provinsi Banten, dan direalisasikan oleh seniman-seniman Banten yang telah ditunjuk."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
android:textSize="15sp" />

<TextView
android:id="@+id/textView5"
android:layout_width="wrap_content"
android:layout_height="wrap_content"
android:layout_alignLeft="@+id/textView4"
android:layout_below="@+id/textView4"
android:layout_marginTop="10sp"
android:text="     Kata Walijamaliha sendiri berasal dari Bahasa Arab yang bermakna daerah yang memiliki kecantikan atau daya tarik. Adapun tarian ini dibawakan oleh penari wanita dengan gerak yang ceria serta mengenakan kostum religi, hal ini mencerminkan karakter masyarakat Banten yang terbuka, riang, ramah, hangat dan enerjik dalam suasana yang agamis."
android:textAppearance="?android:attr/textAppearanceMedium"
android:textSize="15sp" />











3.4.13  Tampilan Halaman Biodata

Gambar 3.19 Tampilan Biodata
Gambar 3.19 adalah tampilan tentang yang memuat informasi seputar aplikasi yang terdiri dari logo aplikasi, nama aplikasi, tujuan pembuatan aplikasi, dan tentang pembuat aplikasi. Untuk memanggil layout activity_menu_about.xml dapat dilakukan dengan cara:
setContentView(R.layout.MenuAbout);
Pada halaman ini hanya dilakukan pemanggilan untuk activity_menu_about.xml pada MenuAbout.java.





3.4.14  Tampilan Halaman Bantuan

Gambar 3.20 Tampilan Bantuan
Gambar 3.20 adalah tampilan untuk bantuan tentang cara menggunakan aplikasi dan penjelasan fungsi tombol-tombol yang ada pada aplikasi ini. Untuk memanggil layout activity_menu_help.xml dapat dilakukan dengan cara:
setContentView(R.layout.MenuHelp);
Isi dari layout ini hanya terdiri dari textview1, textview2, textview3, textview4.







3.4.15  Tampilan Halaman Dialog keluar

Gambar 3.21 Tampilan Dialog Keluar
Gambar 3.21 adalah tampilan dari dialog yang ada pada class MenuUtama.java, dialog ini aktif ketika pengguna menekan tombol keluar, jika pengguna memilih ya, maka pengguna akan keluar menuju tampilan home dari device, karena listing program dibawah ini :
AlertDialog.Builder builder = new AlertDialog.Builder(this);
builder.setMessage("Apakah Anda Yakin Ingin Keluar ?")
.setCancelable(false)
.setNegativeButton("Ya", new DialogInterface.OnClickListener() {
public void onClick(DialogInterface dialog, int id) {
MenuUtama.this.finish();}})
.setPositiveButton("Tidak",
new DialogInterface.OnClickListener() {
public void onClick(DialogInterface dialog, int id) {
dialog.cancel();}
}).show();}
AlertDialog akan muncul secara otomatis saat pengguna menekan tombol keluar. AlertDialog adalah kotak kecil bertuliskan "Apakah Anda Yakin Ingin keluar ?" dan disertai 2 pilihan yang bertuliskan Ya dan Tidak. Jika memilih tidak, pengguna akan tetap berada di tampilan utama.

3.5       Instalasi Aplikasi
            Setelah aplikasi berjalan baik pada emulator, langkah selanjutnya adalah menguji coba aplikasi pada telepon seluler dengan sistem operasi android. Untuk menginstallnya diperlukan file dengan ekstensi *.apk. File *.apk ini terdapat di dalam direktori workspace Eclips. Workspace adalah tempat untuk menyimpan project android. Nama project yang dibuat penulis adalah Kebudayaan Pulau Jawa di Indonesia Menggunakan Android, Kebudayaan Pulau Jawa.apk terdapat di dalam direktori bin.

Gambar 3.22 Lokasi *.apk
Untuk melakukan instalasi pada telepon seluler, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
1.      Copy file Kebudayaan Pulau Jawa.apk ke telepon seluler melalui media penghubung seperti card reader, Bluetooth, atau kabel data.
2.      Eksekusi file Kebudayaan Pulau Jawa.apk pada telepon seluler dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
Aplikasi ini dapat diinstal di semua telepon seluler atau gadget lain namun hanya jika sistem operasi yang digunakan minimal Android versi 4.1 (Jelly Bean) dan ukuran layar atau resolusi gambarnya 5.00-in (720 x 1280 pixels). Jika instalasi dilakukan pada telepon seluler dengan ukuran layar atau resolusi gambarnya selain 5.00-in atau di bawahnya, maka tampilan aplikasi akan menjadi tidak pass.

3.6       Uji Coba Aplikasi
            Setelah di lakukan uji coba dengan menginstal file *.apk pada telepon seluler atau handphone.

Tabel 3.1 Uji Coba

No

Merek

Operasi System

Resolusi

Ram

Keterangan

Kelebihan

Kekurangan
1
Asus - Zenfone
(A500CG)
4.1 (Jelly Bean), Up To 5.0 (Lollipop)
5.00-in dengan resolusi 720 x 1280 px
2 GB

Berjalan dengan baik
Aplikasi sesuai dengan ukuran dan layarnya
-
2
Samsung - Galaxy Grand I9082
4.1 (Jelly Bean), Up To 5.0 (Lollipop)
5.0-in dengan resolusi 400 x 800 px
1 GB
Berjalan dengan baik

Layar lebih terlihat Smooth
Button icon pada menu sebagian tidak teratur karena ukuran resolusi pada handphone kecil
3
Xiomi Readmi Note 2 - Prime
5.0 (Lollippop)
Up To 6.0 (Marsmallow)
5.5-in dengan resolusi  1080 x 1920 px
2 GB
 Berjalan dengan baik
Layar terlihat Smooth
-


































Komentar

Postingan Populer